entry image

Pendampingan GIS Online PDAM Kota Padang

Kami Tiza Solution diberikan kepercayaan untuk mendampingi proses Penyusunan GIS Online Terintegarasi Billing Sistem di PDAM Kota Padang.

GIS (Geographic Information System) merupakan salah satu hal yang cukup krusial dalam kaitannya dengan pengembangan bisnis PDAM. Berdasarkan data GIS dapat diketahui pemetaan lokasi pelanggan, jaringan pipa, dan aset lain yang berhubungan dengan proses produksi dan distribusi air ke pelanggan.
PDAM Kota Padang memiliki data GIS yang telah dikembangkan sebelumnya. Agar data GIS ini memiliki manfaat yang lebih banyak lagi, pihak PDAM Kota Padang bermaksud untuk mengembangkan Sistem GIS secara online yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh setiap unit kerja yang membutuhkannya. Di PDAM Kota Padang dibutuhkan adanya proses standarisai data GIS yang sebelumnya dikembangkan melalui berbagai aplikasi yang berbeda. Proses standarisasi juga diterapkan dalam hal penggunaan aplikasi untuk input dan edit data GIS. Aplikasi yang digunakan adalah Quantum GIS (QGIS) dengan pertimbangan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang tidak memerlukan lisensi khusus untuk penggunaannya. Namun walaupun merupakan aplikasi opern source, QGIS memiliki fitur yang tidak kalah dengan aplikasi lain yang berbayar. Keterampilan penggunaan QGIS harus dimiliki oleh personal yang berhubungan dengan GIS. Berdasarkan hal tersebut, kemudian diadakan workshop yang diikuti oleh para staf Bagian Perencanaan dan bagian lain yang berhubungan dengan pengembangan GIS PDAM Kota Padang. Selain itu, sebagai langkah awal pemanfaatan data GIS oleh bagian lain di PDAM Kota Padang, kemudian dikembangkan aplikasi yang akan digunakan oleh Bagian Pelayanan terkait proses Permohonan Berlangganan (Sambungan Baru). Aplikasi ini dikembangkan sesederhana mungkin dengan pertimbangan bahwa pengguna yang akan berhubungan dengan aplikasi ini adalah pengguna yang kemugkinan besar belum pernah mengenal GIS sebelumnya.